//
you're reading...
Artikel Mahasiswa

APRESIASI MAHASISWA TERHADAP PARA PAHLAWAN NKRI

Negara Kesatuan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2011 lalu genap berusia 66 tahun. Tidak mudah bagi bangsa ini untuk meraih kemerdekaannya. Dibutuhkan waktu yang panjang dan melelahkan untuk mengusir negara-negara penjajah yang menjajah Indonesia selama ratusan tahun. Belanda, Inggris, dan Jepang tercatat merupakan negara yang pernah menjajah Indonesia dan membuat kehidupan rakyat Indonesia pada saat itu sangat menderita. Akibat dari penderitaan tersebut timbul gerakan-gerakan perlawan mengusir penjajah di berbagai wilayah Indonesia, mulai dari perlawanan bersifat kedaerahan hingga akhirnya timbul perlawanan yang bersifat nasional. Dari gerakan perlawanan terebut muncul banyak tokoh heroik, mulai dari Pangeran Diponegoro, Cut Nyak Dien, Pattimura di masa awal perjuangan hingga Soekarno, Tan Malaka, dan Jendral Soedirman pada masa perintis kemerdekaan.

Sealain nama-nama tersebut masih banyak orang-orang yang gugur dalam masa perjuangan melepaskan diri dari belenggu penjajahan. Mereka dengan tulus dan ikhlas mengorbankan jiwa dan raga demi memperoleh kehidupan yang lebih baik. Menurut Meldy, mahasiswa fakultas management tata hidangan STP Bandung, “para pahlawan rela berkorban jiwa dan raga memerdekakan negara ini agar para penerus mereka tidak harus hidup tersiksa dalam bayang-bayang penindasan dan penyiksaan yang kerap dilakukan oleh para  penjajah. Mereka ingin anak- cucu mereka hidup aman, makmur, tentram, dan tidak kesusahan. Untuk itu marilah kita mewujudkan cita-cita para pahlawan tersebut menjadikan Indonesia sebagai negara yang besar agar seluruh warga negara bisa hidup di negara ini tanpa kekurangan apapun.

“Para pahalawan kita mempunyai rasa kecintaan dan nasionalisme yang sangat besar pada tanah airnya. Hal ini seolah tidak dimiliki oleh para generasi penerus bangsa. Remaja masa kini menganggap budaya dan nilai ketimuran yang di anut Indonesia suadah ketinggalan zaman dan tidak sesuai dengan era globalisasi. Mereka lebih menganggap budaya barat sebagai bagian dari jati diri mereka. Terlebih lagi masyarakat saat ini enggan menggunakan produk-produk dalam negeri dan lebih memilih menggunakan produk impot yang secara kualitas belum tentu lebih baik daripada buatan dalam negeri.” Ujar Bella Stefani, mahasiswi FISIP UPN “Veteran” Jakarta.

“sungguh miris dan sedih hati ini bila melihat ada orang yang tidak mengenal para pahlawan perjuangan kemerdekaan Indonesia. Mereka harusnya sadar tanpa perjuangan tak kenal lelah yang dilakukan oleh para pahlawan selama berabad-abad, kita yang hidup sekarang pasti tidak akan merasakan hidup merdeka dan bebas melakukan apapun di negara ini. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya. Untuk itu bila ingin memajukan Indonesia, dalam kehidupan bernegara kita harus terlebih dahulu menerapkan semangat dan cita-cita para pahlawan.” Ungkap Richi anggraeni, mahasiswi jurusan Matematika Universitas Negeri Jakarta.

Bany Ramadhan, mahasiswa UIN Jakarta berpendapat “sikap para pahlawan yang saya kagumi adalah mereka menomor satukan kepentingan orang banyak daripada kepentingan kelompok ataupun kepentingan individu. Sangat berbeda 180 derajat dengan apa yang dilakakukan para pemimpin kita saat ini. Saat ini kepentingan individu dan kepentingan kelompok diatas kepentingan orang banyak. Sehingga akibatnya kemakmuran di negara ini tidak tercipta dengan merata karena hanya dirasakan oleh segelintir masyarakat saja.”

Indonesia memang sudah berhasil meraih kemerdekaan, namun perjungan belum berakhir. Kita harus bekerja keras  mempertahankan apa yang telah kita raih dengan susah payah karena lebih sulit mempertahankan kemerdekaan daripada merebutnya dari tangan penjajah. Sudah sepatutnya kita mengamalkan nilai-nlai luhur yang diajarkan oleh para pahlawan kita untuk menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang besar dan makmur. (Oleh : I Gede Adi Indrawan)

Advertisements

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Calender

December 2011
M T W T F S S
« Nov    
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Blog Stats

  • 33,089 hits
%d bloggers like this: