//
you're reading...
Artikel Kostrad

Membangun Citra Lembaga melalui Website

Membicarakan citra sama halnya dengan pekerjaan bagaimana membangun image atau persepsi organisasi/perusahaan di benak khalayak. Image adalah persepsi yang paling menonjol. Organisasi/lembaga profit maupun non profit yang memiliki citra baik di mata konsumen, produk dan jasanya relatif lebih bisa diterima konsumen dari pada perusahaan yang tidak memiliki citra.

Citra lembaga tidak bisa direkayasa. Citra positif akan terbentuk jika performa lembaga benar-benar seperti yang apa diberitakan oleh lembaga tersebut. Citra akan terbentuk dengan sendirinya dari upaya yang kita tempuh sehingga komunikasi dan keterbukaan lembaga merupakan salah satu kunci penting untuk mendapat citra yang positif.

Opini publik dalam kaitannya membangun citra di sebuah lembaga atau bagian yang melayani dan memperjelas sesuatu yang dihadapi sebuah lembaga atau organisasi merupakan tugas Public Relations (organisasi swasta) atau Humas / Penerangan (lembaga pemerintahan) dan bagian marketing. Mereka ini menjadi penghubung antara lembaga perusahaan dan khalayak atau masyarakat luas. Dengan harapan penjelasan pesan-pesan tersebut akan dapat mengubah citra publik terhadap institusi atau perusahaan melalui media massa.

Fungsi vital lembaga kehumasan atau penerangan adalah membangun citra lembaga yang menaunginya Dan hal itu merupakan kerangka berpikir bila kita berada di dalam lembaga tersebut . Dalam lembaga kehumasan atau penerangan terdapat berbagai kegiatan misalnya mengirim  foto atau video syarat propaganda ke media untuk diterbitkan atau didukung dengan Press Release yang dibuat sebaik mungkin dengan tetap memperhatikan kaidah pembuatan berita (5W+1H) atau membuat risalah (bulletin) yang syarat pencitraan dengan memadukan foto, berita dan opini kepada publik. Seorang aktivitis kehumasan yang mengerti kerja kehumasan maka aktivitas di atas akan ia manfaatkan dengan maksimal untuk pencitraan lembaganya.

Sebuah website adalah media informasi yang murah dan efektif dalam menjangkau publik untuk menyebarluaskan program-program dari suatu lembaga atau institusi. Pencitraan melalui website memang harus dilakukan secara baik dan terencana. Untuk itu sebuah website juga bisa dijadikan suatu alat strategi komunikasi yang baik sebagai media pencitraan publik yang tepat bagi sebuah institusi di tengah berkembangnya dunia virtual seperti saat ini. Melalu website, berbagai program dan kebijakan dari sebuah institusi bisa diakses dan diikuti publik sehingga bisa dijadikan sebagai rujukan bagi publik .

Pencitraan atau kesan terhadap suatu badan usaha bisa tersaji lewat website. Hal ini yang menyebabkan website kerap sekali dijadikan media untuk menyuguhkan profil company.Untuk itulah perlu diadakan perkembangan dan perbaikan dalam tampilan suatu website dan isi informasi atau berita agar lebih menarik, sehingga masyarakat tertarik untuk melihat dan membacanya. Selain melalui bahasa komunikasi yang baik, pencitraan ini dapat diraih dengan penggunaan tema  atau templates website yang tepat. Template dengan kombinasi warna dan pemilihan icon yang sesuai dengan kesan yang hendak diraih dipadukan dengan unsur estetika akan memunculkan pencitraan yang dikehendaki.

Design web tidak ubahnya seperti design-design yang lain, membutuhkan kejelian estetika dan olah media 2 dimensi, bahkan multi media. Selain  elemen estetika yang harus ada pada design web adalah kepahaman tentang html, css,  resolusi layar komputer/ lcd, sript perangkat lunak/ CMS, pengetahuan tentang server, yang kesemuanya itu berkolaborasi menjadi satu kesatuan yang diarahkan untuk pencapaian suatu kesan atau pencitraan dari website itu sendiri.   Perangkat lunak penunjang seperti photoshop, corel draw, dreamweaver menjadi suatu kebutuhan untuk olah penyajian media 2 dimensi yang harus dipahami.

Strategi pengembangan konten website dapat dilakukan dengan beberapa cara, antara lain meng-update konten dan informasi sesering mungkin, menghadirkan konten dan informasi yang menarik bagi masyarkat luas, dan melibatkan publik dalam wacana, misalnya melalui jajak pendapat, saran dan pertanyaan untuk mengikat khalayak atau masyarakat luas.

Advertisements

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Calender

December 2011
M T W T F S S
« Nov    
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Blog Stats

  • 34,687 hits
%d bloggers like this: