//
you're reading...
Artikel Mahasiswa

PAHLAWAN MASA KINI

Setiap tanggal 10 November kita memperingati Hari Pahlawan, pada tahun ini kita memperingati Hari Pahlawan ke-66 tahun. Kita memilih 10 November sebagai Hari Pahlawan karena pada tanggal tersebut para pejuang kita bertempur mati-matian untuk melawan tentara Inggris di Surabaya. Kita tentu masih ingat tokoh yang mengobarkan semangat 10 November yaitu Bung Tomo yang mampu menyalakan semangat perjuangan rakyat lewat siaran-siaran radionya, karena itulah Bung Tomo disebut sebagai seorang yang penuh semangat serta kejuangan dalam mempertahankan NKRI.
Pada saat sekarang ini kita semakin tidak menghayati makna hari Pahlawan, peringatan yang setiap tahun dirayakan dengan khidmat sekarang cenderung bersifat seremonial. Tugas kita saat ini ialah memberi makna baru kepahlawanan dan mengisi kemerdekaan sesuai dengan perkembangan zaman. Dalam mengisi kemerdekaan kita dituntut menjadi pahlawan karena generasi muda saat ini banyak yang tidak mengerti apa makna hari Pahlawan tersebut.
Saat ini bangsa Indonesia membutuhkan banyak Pahlawan, yakni Pahlawan untuk mewujudkan Indonesia damai, Indonesia yang adil, Indonesia yang sejahtera. Memaknai hari Pahlawan bukan hanya setiap pada tanggal 10 November saja tetapi berlangsung setiap hari dalam hidup kita. Setiap hari kita pun harus berjuang dalam kehidupan sehari-hari agar kita dapat meningkatkan prestasi kita di lingkungan sekitar baik formal maupun informal. Karena itulah di dalam diri kita harus kita tanamkan sifat kepahlawanan yang hakiki agar kita menyadari bahwa memaknai sejarah kepahlawanan harus didasari dari dalam hati.Kita melihat beberapa wilayah di negeri kita sedang dililit kasus korupsi yang mencapai miliaran rupiah, kita sangat membutuhkan orang-orang yang berani memberantas kasus korupsi yang terjadi di negara Indonesia supaya di negara yang kita cintai ini terbebas dari kasus korupsi yang melibatkan orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu sikap kepahlawanan harus tercermin sejak dini karena itu salah satu modal seseorang yang bertanggung jawab dalam melaksanankan tugas sehari-hari baik di lingkungan rumah maupun di lingkungan pekerjaan. (Romy Rulinanto/UPN ”Veteran” Jakarta)

Advertisements

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Calender

December 2011
M T W T F S S
« Nov    
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Blog Stats

  • 33,089 hits
%d bloggers like this: